Setelah hadir di ajang IIMS 2019 lalu, kini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah merampungkan proyek Mitsubishi Xpander untuk balap reli. Proyek Xpander AP4 ini sendiri digagas oleh Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia bersama PT MMKSI untuk membawa sebuah mobil keluarga ke ajang balap reli.

“Semua berawal dari khayalan dan mimpi, tapi dengan tekad bersama akhirnya mobil ini terwujud dan siap menjadi mobil MPV pertama yang akan berlaga di ajang reli,” ujar Rifat.

Kecintaan Rifat terhadap dunia reli inilah yang membuatnya ingin menciptakan sesuatu perbedaan. Pereli nasional ini sukses sukses membuat tampilan ekstrim pada mobil keluarga Mitsubishi Xpander. Xpander AP4 ini sesuai namanya dimodifikasi untuk bisa mengikuti kejuaraan reli baik nasional maupun internasional. AP4 sendiri adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA (Federation Internationale de l’Automobile). Sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

Konsep modifikasi yang dihadirkan pada Xpander AP4 tersebut juga mengikuti regulasi yang telah ditetapkan. Bahwa harus menggunakan basis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran.

Bukan tanpa alasan Rifat membangun Mitsubishi Xpander sebagai mobil MPV pertama di dunia yang akan berlaga di ajang balap reli. Karena menurutnya sejak pertama kali mencoba Xpander di Okazaki, Jepang, Rifat sudah memiliki firasat jika Xpander bukanlah mobil keluarga biasa.

“Dari pertama kali mencoba Xpander di Okazaki, Jepang, saya tahu nih ada sesuatu yang beda dari mobil ini. Karena untuk sebuah mobil MPV, Xpander ini punya handling yang mirip sama Mitsubishi Evolution X. Saya bahkan sampai bertanya detail sama engineer Mitsubishi di Jepang,” beber Rifat.

Kehadiran Xpander AP4 tersebut juga mengikuti langkah Mitsubishi Pajero Sport, yang sempat digunakan oleh Rifat Sungkar dalam gelaran Speed Offroad di Tanah Air. Di tangan dingin seorang Rifat Sungkar, Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton sukses menghasilkan pertarungan yang sengit dengan mobil tubular dan membawa pulang podium kemenangan.

Kegiatan di ajang motorsport ini adalah sebagai pembuktian Mitsubishi Xpander yang lebih dari sekedar mobil MPV keluarga. Dengan fokus pada kekuatan, ketahanan termasuk impresi dan kemampuan kendara yang fenomenal. Ditambah dengan pengalaman Rifat sebagai pereli kawakan di Indonesia tentunya diharapkan Xpander AP4 dapat meraih prestasi melebihi Pajero Sport dan Triton sebelumnya.

source : www.mitsubishi-motors.co.id